Bagi sebagian besar perusahaan saat ini, e-commerce
lebih dari sekedar membeli dan menjual produk secara online. E-commerce
meliputi seluruh proses dari pengembangan, pemasaran, penjualan, pengiriman,
pelayanan dan pembayaran untuk berbagai produk dan jasa yang diperjualbelikan
dalam pasar global berjaringan para pelanggan, dengan dukungan dari jaringan
para mitra bisnis di seluruh dunia.
E-commerce mengubah bentuk persaingan, kecepatan
bertindak, dan perampingan interaksi, roduk dan pembayaran dari pelanggan ke
perusahaan dan dari perusahaan ke pemasok.
Ruang Lingkup E-commerce
Perusahaan-perusahaan yang bergantung pada e-commerce
baik sangat bergantung pada teknologi berbasis Internet dan aplikasi serta
layananan e-commerce untuk menyelesaikan proses pemasaran, penemuan produk,
pemrosesan transaksi, dan proses layanan pelanggan serta produk. Contohnya,
e-commerce dapat meliputi pemasaran interaktif, pemesanan, pembayaran, dan
proses dukungan untuk pelanggan melalui katalog e-commerce dan situs lelang di
World Wide Web.
E-commerce juga meliputi berbagai proses bisnis
seperti akses ekstranet ke database persediaan oleh pelanggan dan pemasok,
akses intranet sistem manajemen hubungan pelanggan oleh para perwakilan layanan
untuk pelanggan dan kerjasama pelanggan dalam pengembangan produk melalui
pertukaran email serta berita kelompok di Internet.
Kategori E-Commerce:
Business to Consumer (B2C)
Disini perusahaan harus mengembangkan pasar elektronik
yang menarik untuk menjual berbagai roduk dan jasa ke para pelanggan.
Perusahaan menawarkan situs web yang menyediakan pajangan virtual dan katalog
multimedia, pemrosesan pesanan interaktif, sistem pembayaran yang aman, dan dukungan
pelanggan online.
Business to Business (B2B)
Kategori ini melibatkan pasar e-business dan hubungan
pasar langsung antarperusahaan. Perusahaan menawarkan situs web yang aman yang
berisi katalog melalui internet atau ekstranet untuk para pelanggan dari
perusahaan dan para pemasok. Hal lain yang sangat penting adalah portal
e-commerce B2B yang menyediakan pasar lelang dan jual beli untuk berbagai
perusahaan. Perusahaan-perusahaan ini dapat melakukan pertukaran data dan
dokumen tertentu antara si pemasok, dan pelanggan besar.
Consumer to Consumer (C2C)
Berpartisipasi atau mensponsori lelang pelanggan atau perusahaan adalah konsep C2C. Iklan personal elektronik dari produk atau jasa untuk membeli atau menjual oleh para pelanggan di situs koran elektronik, portal e-commerce pelanggan, atau situs web personal juga merupakan bentuk e-commerce C2C yang penting.
0 komentar:
Posting Komentar